<data:blog.pageTitle/> <data:blog.pageName/>

Monday, August 24, 2009

Rencana Tata Kota Cirebon

Kebijakan Umum Pembangunan Kota Cirebon

Berdasarkan karateristik kota, peluang dan tantangan yang akan di hadapi Kota Cirebon di masa datang, Pemerintah Daerah bersama-sama masyarakat dan segenap komponen pelaku pembangunan lainnya sepakat untuk mengembangkan Kota Cirebon menjadi Kota Perdagangan dan Jasa. Rumusan kesepakatan ini tertuang dalam Visi Kota Cirebon sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor I Tahun 2004 tentang Rencana Strategis Kota Cirebon 2004-2008 yaitu:

Kota Cirebon menjadi Kota Perdagangan dan Jasa Yang Maju Tahun 2008

Untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkanlah delapan misi, yaitu:
Meningkatkan kulitas sumber daya manusia yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan nilai- nilai luhur budaya bangsa.
Meningkatkan profesionalisme aparatur dan revitalisasi kelembagaan Pemerintah Kota yang efektif dan efisien menuju pemerintahan yang baik dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme
Meningkatkan keamanan dan ketertiban umum
Optimalisasi pemanfaatan ruang kota dan pelestarian keseimbangan lingkungan hidup
Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan prasarana dan sarana ekonomi serta produktifitas ekonomi yang berdaya saing tinggi
Melestarikan dan mengembangkan pariwisata yang bertumpu pada nilai-nilai tradisi dan budaya Cirebon
Pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan
Peningkatan kemitraan dan optimalisasi kerjasama pemerintah dengan lembaga lain baik yang bersifat lokal, regional, nasional dan internasional. Selanjutnya untuk lebih mengoperasionalkan dan menterjemahkan misi dalam pernyataan yang lebih detail, perlu diuraikan dalam arah kebijakan dan program prioritas.


Kebijakan Tata Ruang Kota Cirebon

Kebijakan tata ruang Kota Cirebon didasarkan pada revisi atas Pertauran Daerah Nomor 3 Tahun 1987 tentang Rencana Induk Kota Kotamadya Daerah Tingkat II Cirebon tahun 1984-2004.

Berdasarkan konsep revisi tersebut Kota Cirebon dibagi menjadi.
BWK I Zone Pelabuhan
BWK II Zone Perdagangan
BWK III Zone Industri
BWK VI Zone Pemerintahan & Kemasyarakatan
BWK V Zone Perumahan
BWK VI Zone Pendidikan, Olahraga & Rekreasi
BWK VII Zone Mix Farming & Konservasi

0 comments: