<data:blog.pageTitle/> <data:blog.pageName/>

Tuesday, August 11, 2009

Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

 
Empal Gentong. Begitu judulnya. Katanya khas Cirebon dan yang katanya enak itu empal gentongnya. empal gentong satu ini mengkhususkan diri dengan dengkul sapi, tanpa jeroan yang bisa membahayakan tubuh saya. Jangan tanya saya di mana tempat persisnya.  Lalu bagaimana hasilnya? enak? Ya rasa dengkul sapi. Porsinya agak kebanyakan untuk saya, tetapi terlalu sedikit untuk anak saya yang sedang tumbuh itu. Maka begitu dia melihat saya tak sanggup menghabiskannya, dengan bahagia dia menyantap sisa dengkul saya.
Dengkul-dengkul sapi yang belum diolah, dikumpulkan di satu wadah di atas tungku untuk diasapi. Susahnya warung tenda pinggir jalan begini, sirkulasi udaranya tidak baik sehingga asap itu ya mbulet saja di dalam tenda. Dengkul dan penyantap dengkul sama-sama diasapi. Maka bagi pengidap bengek, saran saya jangan makan di dalam tenda.

0 comments: